Rabu, 02 Maret 2016

Cara membasmi kutu busuk tungau di kasur

Tangkal virus Corona Covid19
dengan lampu ultraviolet anti virus
klik gambar untuk melihat detail





Metode 1 dari 3: Menemukan Kutu Busuk

Bongkar tempat tidur Anda dan sandarkan seluruh bagiannya berdiri di dinding. Carilah kutu busuk dan lungsungan kulit nimfanya yang berwarna abu-abu muda. Kotoran kutu yang mengering berbentuk titik-titik gelap juga biasanya ditemukan sepanjang jahitan kasur atau di mana pun kutu busuk pernah tinggal. Seringkali, kain pembungkus alas pegas kasur juga harus dilepas untuk dapat memudahkan pemeriksaan dan memberikan penanganan yang perlu. Retakan dan celah pada rangka tempat tidur juga harus diperiksa, terutama jika bahannya dari kayu (kutu busuk lebih menyukai kayu dan kain daripada logam atau plastik).
Penanganan terhadap kasur atau alas pegas yang terjangkit kutu busuk biasanya sulit dan kasur itu mungkin perlu dibuang.
Sebagai alternatif, gunakan sarung kasur anti kutu busuk untuk membungkus kasur yang telah terkena. Ini akan membuat kutu busuk terperangkap di dalam kasur dan membuat mereka mati kelaparan. Ini berarti Anda tidak perlu membeli kasur atau alas pegas baru, sekaligus memudahkan pemeriksaan dan penanganan di masa depan.
Kutu busuk juga bersembunyi di benda-benda yang disimpan di kolong tempat tidur.
Iklan

Kosongkan laci bufet dan rak lampu tidur. Periksalah dengan teliti dan baliklah untuk melihat bagian bawah kayunya. Seringkali kutu busuk bersembunyi di celah, retakan, pojok, dan bagian yang cekung.

Periksa sofa dan kursi yang diberi bantalan kain. Perhatikan baik-baik pada jahitan, bordiran, pinggiran dan lekukan pada bantalan. Sofa dapat menjadi tempat utama bersarangnya kutu busuk, jika biasa digunakan sebagai tempat tidur.

Periksalah tempat-tempat lain yang biasanya terdapat kutu busuk. Ini termasuk sepanjang dan di bawah tepi-tepi karpet lantai (terutama di belakang tempat tidur dan perabot), celah pada lis dinding dan pertemuan antara plafon dengan dinding. Kutu busuk biasanya berkumpul di satu tempat, tetapi wajar juga untuk menemukan seekor atau sekumpulan telur tercecer di beberapa tempat.

5
Gunakan senter. Petugas pembasmi kadang juga menyuntikkan "bahan pembilas" berbasis piretrum pada celah atau retakan untuk membantu menemukan di mana kutu busuk bersembunyi.
Iklan


Metode 2 dari 3: Menangani dan Mengendalikan Kutu Busuk

Ikuti pendekatan manajemen hama terintegrasi. Ini meliputi beberapa taktik seperti tindakan pencegahan, sanitasi, dan penggunaan bahan kimia di lokasi-lokasi yang menjadi target.

Cucilah benda-benda yang terkena (minimum dengan suhu 48,8ºC). Benda-benda kecil yang tidak bisa dicuci dapat dibersihkan dengan pemanasan. Masing-masing benda dapat dibungkus dengan plastik dan ditempatkan di tempat yang terkena panas matahari selama paling tidak beberapa hari. Suhu minimum 48,8ºC yang hendak dicapai harus dipantau menggunakan termometer pada tempat-tempat pusatnya. Kutu busuk juga akan kalah dengan suhu di bawah nol derajat, tetapi proses pendinginannya harus dikerjakan paling tidak selama dua minggu. Usaha untuk menyingkirkan kutu busuk dari sekeliling rumah atau apartemen dengan sekedar menaikkan atau menurunkan suhu termostat hanya akan berakhir sia-sia.

Cuci semua kain linen pada mesin cuci dengan setelan panas, lalu keringkan pula dengan setelan panas. Kumpulkan semua kain linen, tas kain dan kulit, seprai, pakaian, boneka, dan sebagainya. Cucilah menggunakan kantong cuci pada mesin cuci dengan setelan panas, kemudian cuci pula kantong cucinya. Keringkan dengan setelan panas. Uap akan membunuh kutu busuk. Beberapa daerah metropolitan menawarkan jasa binatu dan cuci kimia terhadap kutu busuk yang memberikan keuntungan berupa cara pembasmian yang telah terbukti serta fasilitas penyimpanan benda-benda yang telah bersih sehingga mereka tidak terjangkiti lagi oleh kutu busuk saat rumah masih dalam proses pembersihan.

Jika suatu benda tidak dapat dicuci maupun dibuang (misalnya sebuah dompet kulit yang mahal), semprotlah dengan obat anti kutu busuk yang bebas racun, masukkan dalam kantong plastik tertutup dan biarkan selama beberapa bulan.
Lakukan cuci kimia untuk menghilangkan baunya jika diperlukan.

Lakukan penguapan. Anda bisa mendapatkan peralatan sederhana yang menghasilkan uap di toko perkakas terdekat Anda. Anda juga dapat mengubah ketel listrik sederhana Anda menjadi mesin penguap dengan menambahkan sebuah selang kecil. Uap akan membunuh semua kutu busuk beserta telurnya. Semprotkan uap secara merata pada semua ujung dan jahitan.

Bersihkan rumah Anda dengan penyedot debu. Ini akan menghilangkan kutu busuk dan telurnya dari kasur, karpet, dinding dan permukaan lainnya. Berikan perhatian khusus pada jahitan, bordiran dan ujung-ujung kasur serta alas pegas, dan di sekitar pinggiran karpet lantai. Setelah itu, buanglah hasil penyedotan debu ke dalam kantong sampah tertutup. Penguapan karpet juga sangat membantu untuk membersihkan kutu busuk dan telurnya yang mungkin terlewatkan oleh penyedot debu.

Perbaiki retakan pada dinding dan rekatkan kembali kertas dinding yang mengelupas untuk menghilangkan tempat bersarang kutu busuk. Bersihkan dan musnahkan sarang burung serta binatang liar lainnya jika memungkinkan.

Pertimbangkan untuk menggunakan insektisida. Insektisida residual (biasanya piretroid) digunakan untuk penanganan di tempat pada celah dan retakan yang dipakai kutu busuk untuk bersembunyi. Insektisida akan dapat menjangkau lebih dalam jika sebelumnya kotoran dan debu yang menumpuk pada celah dibersihkan dahulu dengan penyedot debu. Insektisida semprot siap pakai yang tersedia di pasaran biasanya malah akan membuat kutu busuk terpencar dan lebih susah dibasmi. Formulasi debu dapat digunakan pada penanganan loteng dan celah antar dinding.
Ulangi penggunaan insektisida jika kutu busuk masih muncul dalam dua minggu setelah penggunaan pertama. Memang sulit untuk menemukan semua tempat persembunyiannya, dan mungkin telur-telur yang tersembunyi kini sudah menetas.

Gunakanlah jasa perusahaan pembasmi hama profesional. Perusahaan yang berpengalaman sudah tahu ke mana harus menemukan kutu busuk, dan memiliki banyak peralatan yang siap digunakan. Pemilik dan penghuni rumah harus memberikan bantuan pada tenaga profesional ini dalam beberapa hal penting, seperti memberikan akses masuk untuk pemeriksaan dan penanganan, serta membersihkan dan merapikan terlebih dahulu tumpukan-tumpukan yang tidak perlu.

Buanglah benda-benda yang terjangkit. Pada beberapa kasus, kasur dan alas pegas yang terjangkit harus dibuang. Oleh karena kutu busuk dapat menyebar ke seluruh bangunan, mungkin perlu juga memeriksa kamar atau ruangan apartemen yang saling tersambung.

Gunakan gel silika. Giling sejumlah kristal gel silika dan taburkan di seluruh kamar tidur Anda. Taburkan sebagian di kasur Anda, sekitar tempat tidur dan sepanjang dinding. Gel silika yang lembut akan menempel pada kutu busuk dan tidak akan bisa lepas, sehingga membuat kutu busuk dehidrasi dan mati. [2] Berhati-hatilah untuk tidak menghirupnya. Sebagai alternatif, gunakan bahan pengering alami yang disebut Tanah Diatom. Pastikan Anda meminta variasi yang aman bagi makanan! Tanah Diatom memiliki efek yang sama seperti gel silika, tetapi ia aman dan tidak berbahaya jika anak-anak atau hewan peliharaan terpapar olehnya.
Jika Anda memelihara kucing, gantilah tempat kotorannya (dari kristal gel silika) setiap 5 hari sekali sehingga telur kutu busuk yang baru menetas juga akan mengalami dehidrasi. Ulangi selama 5 minggu.

Gunakan minyak pohon teh untuk bebersih. Minyak ini dapat membasmi kutu busuk di dalam rumah.
Bersihkan rumah dengan seksama, dari atas hingga ke bawah.
Cuci semua perlengkapan tidur dan pakaian dengan menambahkan beberapa tetes minyak pohon teh.
Sedot debu dan cuci seluruh karpet.
Bongkar tempat tidur. Semprotlah semuanya dengan minyak pohon teh.
Semprotkan larutan pengendali hama di sekeliling rumah, di dalam dan di luar. Untuk membuat larutan ini, campurlah 532,3 ml air dengan 18 tetes minyak pohon teh dan semprot seluruh rumah dengan larutan itu––termasuk karpet, tempat tidur, dan perabot.
Iklan


Metode 3 dari 3: Mencegah Kutu Busuk Masuk ke Rumah

Waspadalah jika Anda mendapatkan tempat tidur, perlengkapan tidur atau perabot bekas. Paling tidak, benda-benda itu harus diperiksa dengan seksama sebelum Anda bawa pulang ke rumah.

Periksalah tempat tidur yang Anda gunakan beserta papan sandaran kepalanya terhadap kemungkinan adanya kutu busuk, saat Anda sedang bepergian.

Jangan letakkan barang bawaan Anda di lantai.

Waspadalah selalu. Gudang, tempat penyimpanan, truk dan gerbong kereta dapat terjangkit, sehingga kutu busuk dapat saja masuk ke rumah Anda dengan menumpang perabotan yang semula disimpan atau diangkut dari tempat-tempat di atas. Kebiasaan waspada dapat menghindarkan dari masuknya kutu busuk, atau paling tidak segera datangkan tenaga profesional untuk memeriksa.
Iklan


Tips
Kutu busuk sering ditemukan pada pojok-pojok kasur. Periksa area itu dengan cermat.
Kutu busuk akan terlihat seperti mati saat Anda melihatnya bersembunyi, tetapi sebenarnya tidak. Mereka biasanya tidak akan bergerak hingga Anda mengenainya dengan uap. Pastikan Anda terus mengarahkan uap hingga ia berhenti bergerak.
Kapan Anda menyadari bahwa Anda telah digigit kutu busuk, itu sangat tergantung dengan toleransi tubuh Anda pada gigitannya. Selama beberapa hari, Anda mungkin tidak akan tahu bahwa Anda telah digigit, sementara beberapa orang dapat segera menyadarinya hanya dalam beberapa jam.
Oleskan anti gatal pada kulit untuk menghilangkan rasa gatal yang disebabkan oleh gigitan kutu busuk.
Sering-seringlah memeriksa adakah gigitan baru. Ini dapat mencegah timbulnya masalah di kemudian hari.

Kutu busuk jarang terlihat pada siang hari. Mereka keluar dari persembunyiannya pada malam hari.
Tidak ada insektisida yang menyatakan dapat digunakan pada perlengkapan tidur atau kain linen. Oleh karena itu benda-benda ini harus dicuci kimiawi atau dicucikan dengan air panas dan dikeringkan dengan setelan "panas" juga. Gunakan insektisida berlabel khusus pada jahitan atau lipatan kasur. Jangan semprotkan insektisida pada bagian datar dari kasur, di mana Anda akan berbaring.

Jika tidak mungkin untuk membuang kasur, menyarungi kasur dan alas pegas akan sangat membantu jika kutu busuk masih tinggal di sana (perusahaan perlengkapan anti alergi menjual sarung kasur dengan ritsleting untuk mencegah kutu). Menyedot dan menyikatnya akan lebih membantu untuk menghilangkan kutu dan telurnya dari kasur yang tidak dapat dibuang. Beberapa perusahaan pembasmi hama juga menggunakan alat uap portabel untuk membersihkan kasur. Teknik ini sangat bermanfaat, tetapi tidak membunuh kutu dan telur yang tersembunyi di dalam kasur.
Saat membeli sarung kasur anti kutu busuk, pastikan benar-benar cocok dengan ukuran kasur Anda, karena banyak ukuran kasur yang tidak standar.

Gunakan rangka tempat tidur untuk mengganjal kasur dan alas pegasnya kemudian pasangi setiap kakinya dengan wadah berisi minyak, apapun jenis minyaknya. Ini akan mencegah kutu busuk memanjat naik turun temapt tidur Anda. Smpan saja semua kain pinggiran tempat tidur. Jaga agar seprai dan selimut tidak menggantung dari tempat tidur ke lantai hingga semua kutu busuk, berhasil dienyahkan.

Penanganan menyeluruh terhadap rumah, kamar hotel atau apartemen dapat memakan waktu dari beberapa jam hingga beberapa hari.

Ada batasan dalam menggunakan pestisida pada tempat tidur. Beberapa perusahaan pembasmi hama akan menggunakannya pada jahitan, bordiran, dan lekukan yang ada pada seluruh bagian tempat tidur, tetapi mereka tidak akan menyemprotkannya pada permukaan kasur, seprai, selimut, atau pakaian. Dengan alasan ini biasanya perusahaan pembasmi hama akan menyarankan Anda untuk membuang tempat tidur yang terjangkit.

Lembaran plastik setebal 3mm akan membentuk penghalang yang baik antara perlengkapan tidur dengan bagian kayu tempat tidur yang terjangkit. Karena penghalang ini tidak dapat ditembus, akhirnya kutu busuk akan kelaparan hingga mati.

Untuk mencegah terjangkit kutu busuk: Setelah Anda pulang dari luar rumah (dari bioskop, restoran, sarana transportasi publik, dan sebagainya), ganti semua pakaian Anda dan taruhlah di kantong sampah untuk sementara atau masukkan langsung ke mesin cuci. Jika Anda habis berlibur, sebelum masuk ke dalam rumah, tinggalkan semua barang bawaan Anda di luar. Masukkan semua pakaian ke dalam kantung sampah untuk sementara dan cucilah secepatnya. Juga jangan lupa untuk segera mengganti semua pakaian Anda begitu Anda masuk ke dalam rumah. Kutu busuk dapat bersembunyi di tempat sempit sekalipun, sehingga pencegahan adalah kuncinya. Jangan pula memakai pakaian kotor di atas tempat tidur.

Kutu busuk bisa mati tenggelam. Merendam pakaian yang terjangkit hingga seluruhnya, dapat membunuh banyak kutu busuk tetapi juga menyebabkan telurnya menetas lebih cepat. Pastikan untuk mengeringkannya dengan setelah suhu tinggi dan singkirkan semua perabot yang dilapisi kain sesegera mungkin. Setelah itu Anda akan mendapati bahwa jumlah gigitan berkurang drastis.

sumber : http://id.wikihow.com/Membasmi-Kutu-Busuk


Sprei SPARTA bahan selembut Katun Kualitas tinggi, air seperti di daun talas

Telah banyak seller sprei anti air di pasaran indonesia, akan tetapi kualitas bahannya sangat berbeda dengan produk sprei anti rembes & tahan air SPARTA bed. di mana bahan kain sprei anti rembes & tahan air SPARTA memiliki teknologi "QUILTID LINING LAMINATION" yang menjadikan karakter bahannya selembut Katun tetapi anti air seperti efek air di daun talas, serta paling utamanya adalah tidak PANAS. yang membuat anda akan merasa nyaman seperti layaknya tidur dengan sprei berbahan katun kualitas tinggi.
silahkan temukan bedanya sprei anti air biasa dengan sprei anti rembes & tahan air SPARTA bed


dengan cukup memiliki 1 buah sprei anti rembes & tahan air SPARTA bed untuk 1 kasur anda adalah sama halnya dengan investasi kesehatan jangka panjang sampai seumur hidup!
karena sprei anti rembes & tahan air SPARTA bed memiliki bahan yang berkualitas tinggi dan tahan lama, anda hanya memerlukan 1 buah saja untuk menjaga kehigienisan permukaan kasur springbed anda. dan bisa di lapisi dengan koleksi sprei anda yang lain

Sprei anti rembes & tahan air SPARTA bed bisa di cuci dengan mesin cuci maupun tangan atau di lap dengan kain basah saja bila kotor


Jaga Kebersihan Kulit & Kasur Anda sekarang juga

sangat cocok untuk :
- kasur yang terlanjur Bau/kotor/kutuan/jamuran
- balita atau anak yang masih mengompol
- manula yang suka mengompol
- hotel/kost/villa/guesthouse/klinik/RS
- ruang kamar yang menggunakan AC
- pengidap alergi debu
- mencegah timbulnya jerawat & ketombe
- mencegah timbulnya panu, kadas, kudis, kurap
- pengidap asma, Tbc, paru paru basah
- memiliki kulit yang sensitif
- menjaga kecantikan kulit yang mulus
- memiliki luka basah (bleeding)
- kutuan di rambut/kelamin
- memiliki penyakit kulit
- tinggal di daerah dingin atau sering hujan
- tinggal di daerah panas (suka berkeringat)
- tinggal di pesisir pantai
- traveller (tidur di kasur umum)
- anak kost (tidur di kasur kost)
- dan lain sebagainya


silahkan pesan & hubungi kami
COD atau Kirim by JNE/TIKI/POS
Dropship/Reseller Welcome

Distributor
Agen Resmi Sprei SPARTA Bed
0896 5508 5728
Jl.Ikan Paus Raya
Blok E No.221
Kel.Jatikramat - Kec.Jati Asih
BEKASI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.