Sabtu, 27 Februari 2016

Bahan Sprei paling bagus untuk kesehatan



Saat ingin membeli seprai didepartment store, pasti akan ada banyak jenis sprei yang disodorkan. Entah itu yang terbuat dari bahan seperti polyester, katun, sutra, rayon, tencel, atau campuran. Mengenali jenis kain menjadi sangat penting karena akan menentukan kenyamanan tidur, sekaligus faktor kesehatan.

"Dari banyak ragam pilihan, pilihlah yang komposisinya 100 persen katun, karena lebih nyaman," ujar Yuliab Koersen, praktisi dan pengamat tekstil, dalam diskusi "Rahasia Kain untuk Kenyamanan Tidur" bersama Santas, di Restoran Sushi Zushioda di Galaxi City - Bekasi

Menurut Yuliab, masing-masing kain memiliki kelebihan dan kekurangan, serta memengaruhi tingkat penyerapan cairan, tekstur, tampilan, dan harga. Lalu kenapa katun? Karena selain memberikan kenyamanan saat digunakan (menyerap keringat, lembut, dan sejuk), sprei katun juga memiliki daya tahan yang lama, memiliki tampilan mengilap, serta mudah dirawat.

Hal itu berbeda dari bahan lainnya, misalnya polyester yang mungkin lebih murah tapi tidak menyerap keringat. Begitu juga rayon, yang mungkin lebih mengilap atau berkilau seperti sutra tapi tidak tahan lama.

Berikut jenis-jenis bahan sprei yang umum di pasaran:

1. Bahan Sprei kain TC / Poly TC
bahan sprei jenis ini menguasai hampir 50% penggunaan di pasar pasar Indonesia karena harganya yang super murah, untuk sprei jadinya kisaran harga sprei 50.000-60.000 , tetapi jangan kecewa jika ternyata luntur waktu dicuci, berbulu, berpasir atau kadang bentuk spreinya tidak simetris. Semua karena cost produksi sprei yang rendah. Ha ha..


2. Bahan Sprei kain CVC / Katun Viscose
biasa digunakan dilevel menengah dan disukai pasangan muda saat ini karena selain warnanya cerah dan motif sprei beragam, bahan sprei Katun jenis ini juga banyak digunakan di hotel hotel untuk kategori sprei fitted dan bisa juga digunakan untuk sprei flat, tentunya menggunakan sambungan di atasnya.

3. Bahan Sprei kain Katun Jepang
atau lebih dikenal dengan satin jepang memiliki ciri ciri dingin, lembut, warna yang kuat dan motif yang terbatas karena bahan sprei katun jepang ini import, dengan harga yang hampir 2x sprei cvc, sprei dan bedcover set jenis ini dijamin membuat ketagihan jika sudah digunakan. Lebar bahan sprei-nya 250 sehingga dapat dibuat menjadi sprei dengan tinggi 25cm tanpa sambungan

4. Bahan Sprei Twill / Canon
atau lebih dikenal dengan katun cina. Sprei jenis ini memiliki 2 grade yaitu yang rendah dengan ciri ciri warna yg kurang cerah dan tipis sedangkan grade tinggi ciri cirinya mirip dengan sprei katun jepang, hanya saja kekurangannya lebar bahan hanya 235 sehingga untuk standar sprei tinggi 25 harus menggunakan sambungan dilipatan bagian kepala. Ma’lum, beda donk, antara Jepang dan Cina.. :D , begitu juga baik dalam bahan sprei-nya Katun/Satin Jepang maupun Katun Cina juga beda donk.

5. Bahan Sprei Dobby
biasanya memiliki motif sprei garis garis atau kotak kotak, biasa digunakan di hotel berbintang empat keatas. Biasanya tersedia warna putih atau gold, karena mengandung satin sprei ini tampak berkilau sehingga bahan sprei dobby tampak mewah.

6. Bahan Sprei Jacquard
tau lebih dikenal dengan bahan sprei king koil. Walaupun Bahan Sprei King koil adalah nama produsen spring bed / tempat tidur tetapi karena lebih mendunia akhirnya banyak yang menyebut bahan jacquard sebagai bahan sprei king koil. Ciri cirinya dingin, lembut, full katun, motif berpasta sehingga tidak menonjol warnanya. Antara motif dan background sama warnanya . 

7. Bahan sprei kain CVC 200
sebenarnya bahan sprei CVC (cotton viscose) hanya saja memiliki thread count atau kerapatan benang 200 sehingga selain lebih tebal, bahan sprei CVC jenis ini lebih putih dan memiliki lebar 280 sehingga mudah saja membuatnya tanpa sambungan untuk tinggi 40. Banyak hotel yang menggunakan sprei jenis ini karena perawatannya lebih mudah dan lebih tahan noda dibandingkan sprei full katun.

8. Bahan SPARTA (Highly Recommended)
Untuk Anda yang mementingkan kualitas & kenyamanan di atas segalanya, kami sangat merekomendasikan untuk menggunakan bahan jenis ini, karena bahan sprei waterproof SPARTA di desain untuk kenyamanan dan kehigienisan alas tidur anda dengan teknologi "QUILTID LINING LAMINATION" adalah teknologi "GORETEX" yaitu, teknologi bahan kain waterproof dengan kombinasi 3 Lapisan bahan :

- cotton silk
- rubber
- wool

yang menjadikan karakter bahannya selembut & senyaman Katun Jepang tetapi anti air, serta paling utamanya adalah tidak PANAS. yang membuat anda akan merasa nyaman seperti layaknya tidur dengan sprei berbahan katun Jepang kualitas tinggi.
jangan samakan dengan bahan sprei anti air lain yang kebanyakan bercorak serta gambar yang pada dasarnya berbahan Polyester (bahan jaket & tas) di mana peruntukkannya BUKAN untuk alas tidur, silahkan temukan bedanya sprei anti air biasa dengan sprei anti rembes & tahan air SPARTA bed yang bahannya memang benar benar di ciptakan untuk kenyamanan alas tidur anda. bila menggunakan sprei anti air SPARTA ini bisa langsung di pakai sebagai alas tidur anda dan tidak perlu lagi di lapis dengan sprei katun biasa koleksi anda


Ok, demikian tips kali ini, jadi kesimpulannya jangan pilih sprei yang murah doank ya, tapi pilih sprei murah dan berkualitas top markotop.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.